PW AMAN KALTIM

Berdaulat Secara Politik, Mandiri Secara Ekonomi, Bermartabat Secara Budaya

Kegiatan AMAN KaltimKomunitas Adat

Aman Kaltim turut ikut ramaikan HUT Kab.Kutai Barat


Kabupaten Kutai Barat, Minggu 5 November 2023, Damanas dan Pengurus Wilayah AMAN Kaltim, serta Pengurus Daerah AMAN Kutai Barat berpartisipasi dalam acara “Dahau” yang bertempat di Lamin Taman Budaya Sendawar, kecamatan Barong Tongkok.

Dok. Rombongan Parade Dahau dari AMAN Kutai Barat, Kab.Kubar

Rangkaian kegiatan Festival Dahau dipenuhi dengan berbagai perlombaan tradisional, para peserta bersaing dalam berbagai perlombaan, seperti lomba menyumpit, behempas rotan, begasing, belogo, balap perahu, dan tari-tarian tradisional yang memikat hati penonton. Selain beragam perlombaan, agenda festival juga mencakup festival pangan lokal hingga pameran Usaha Mikro.

Pada hari terakhir Dahau, Damanas serta Pengurus Wilayah AMAN Kaltim dan Pengurus Daerah AMAN Kutai Barat juga ikut serta dalam rangkaian acara pemecahan MURI dengan “Mawik Gawakng” atau anjat rotan terbanyak, lalu di lanjut kan dengan parade atau pawai adat.

Sambil menggaungkan Indentitas Aliansi Masyarakat Adat Nusantara hingga terdengar oleh ribuan orang di Taman Budaya Sendawar. Para pejabat tinggi Kutai Barat pun sontak kagum dan mengacungkan jempol kepada rombongan AMAN yang meneriakkan yel-yel AMAN serta menyanyikan Mars AMAN sambil menari saat melintasi panggung.

Partisipasi yang di lakukan Damanas, Pengurus Wilayah AMAN Kaltim serta Pengurus Daerah AMAN Kubar tersebut di lakukan dalam rangka penguatan dan menunjukkan solidaritas untuk komunitas-komunitas adat yang ada di Kabupaten Kutai Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *