Mubes IV Dayak Kung Kemul

Mubes Kung Kemul Dalam Upaya Menghidupkan Kembali Kearifan Lokal dan Indentitas Serta Identitas Masyarakat Adat Dalam Semangat Persaudaraan

Menari Bersama di Peteah (Rumah Adat) Pada pembukaan Mubes Kung Kemul IV (18/07/2018)

Kaltim.aman.or.id Mubes IV Persekutuan Dayak Kung Kemul berlangsung meriah di Kampung Long Bentuq, Kecamatan Busang, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim (18-20/07.2018).

Mubes dengan tema Menghidupkan Kembali Identitas , Ritus  Kearifan lokal Kung Kemul ini dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmini Bulang dan dimulai dengan prosesi Ritual Adat Dayak Modang dengan memakainkan atribut adat ke Wakil Buapti di depan Peteah (Balai Adat) Kampung Long Bentuq.

Ritual Adat Penyambutan Wakil Bupati Kutai Timur dan Pemakaian Atribut Adat Khas Dayak Modang Long Way

Prosesi Pembukaan Mubes Kung Kemul IV kemudian dilanjutkan dilapang Kampung Long Bentuq dengan Tarian Tembam Bataq Dayak Modang sebagai tarian pembuka. selain Tari Tembam Bataq, tarian lain yang tampil juga pada prosesi pembukaan mubes ini tari.

Pada hari pertama Mubes Kung Kemul ini juga dilakukan seminar dengan dua tema yang di Prensentaskan CSF Unmul Tentang Ritus Adat Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Adat dan dari AMAN Kaltim terkait Undang – undang Masyarakat Adat.

Presentasi Ketua BPH AMAN Kaltim, Margaretha Seting Beraan pada Mubes Kung Kemul IV di Long Bentuq

Pada Mubes Kung Kemul IV ini juga dilakukan berbagai perlombaan untuk setiap kontingen yang hadir pada mubes ini, mulai dari lomba permainan dan olah raga tradisional seperti Begasing,Menyumpit, belogo hingga tarik tambang dengan menggunakan rotan. Juga dilakukan pertandingan olah raga populer seperti sepak bola dan bola voli.

Begasing, salah satu permainan tradisional yang di perlombakan pada Mubes Kung Kemul IV di Long Bentuq

Pentas seni juga ditampilkan setiap hari pada mubes kali ini, setiap kontingen mengirimkan wakil kesenian dari daerah dan komunitas adat mereka masing – masing yang tampil pada malam pentas seni di sepanjang mubes berlangsung. dari pentas seni ini terlihat keragaman corak budaya komunitas adat Pada Kung Kemul, Mulai dari Dayak Modang, Dayak Ga’ai, Dayak Wehea, Dayak Basap, Dayak Ahi dan dayak lainya yang masuk dalam Persekutuan Dayak Kung Kemul ini.

Selain pesta seni, budaya dan olah raga juga dilakukan kegiatan utama pada mubes ini yaitu menbahas ADART  Lembaga Kung Kemul dan juga pergantian pengurus hingga ketua dan wakil.

Pada Akhir Mubes ini, Terpilih Kembali Indra Bengeh untuk ketiga kalinya sebagai Ketua Lembaga Adat Besar Dayak Kung Kemul.

Kung Kemul sendiri bukan berasal dari kata yang merujuk kepada sebuah suku tertentu tapi merupakan tempat dimana suku – suku ini berasal. Kung Kemul merupakan sebuah gunung dimana terdapat komunitas adat di wilayah ini. Dimasa lalu terjadi sebuah pertempuran diwilayah ini. Berdasarkan bukti sejarah dan barang – barang situsnya memang membuktkan asal – muasal komunitas Dayak Rumpun Kung Kemul. Semua suku yang berasal dari wilayah Kung Kemul adalah Rumpun Kung Kemul.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.