Ritual Adat Hudoq Berlangsung Meriah di Kampung Long Bagun ULu

Kemerihan Ritual Adat Hudoq di Kmapung Long Bagun Ulu bertambah saat mendapat kunjungan dari Hudoq Kampung Ujoh Bilang di hari keepat ritual adat ini.

Kaltim.aman.or.id Ritual Adat Hudoq berlangsung meriah di Komunitas Adat Dayak Bahau Busang Umaq Wak Kampung Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim. Ritual yang berlangsung dari tanggal 12 November 2108 hingga 19 November ini dimulai dengan ritual Hudoq Tesaq kemudian dilanjutkan dengan Ritual  Hudoq Kawit Pertama dimana, pada ritual ini merupakan hari pertama rombongan hudoq datang menemui warga (12/11/2018).

Rombongan hudoq kemudian berdialoq dengan warga yang diwakili oleh salah seorang tokoh adat kampung tentang maksud kedatangan mereka. Setiap hudoq memliki nama dan tugas masing – masing, ada yang bertugas menjaga padi, lahan hingga tangah dari hama dan penyakit. selain itu secara luas hudoq juga menjaga warga hal – hal buruk dan mengusir semua kesialan.

Masyarakat Adat Dayak Bahau Busang Umaq Wak di Kampung Long Bagun Ulu dengan suka cita menari bersama hudoq.

Kepala Adat Long Bagun Ulu, Avun Ingan memaparkan “Ritual Adat Hudoq ini dahulu cuma dilakukan selama empat hari tapi kemudian ada permintaan warga untuk memperpanjang menjadi delapan hari, karena dirasa kurang puas kalau cuma empat hari.”Kata Avun Ingan.

Avun Juga Menjelaskan bawa Hudoq ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan secara turun- temurun dan rutin dilakukan tiap tahun  oleh Masyarakat Adat Dayak Bahau Busang Umaq Wak di Kampung Long Bagun Ulu. Hudoq sendiri merupakan juga mahluk yang memelihara tentang padi. sehingga ketika kita membuat acara hudoq ini, roh – roh  ini akan melihat dan mereka akan datang dalam bentuk hudoq kemudian menemuai masyarkat. dari sini masyarakat akan menjelaskan tujuan pemanggilan roh – roh hudoq sehingga terjadi komunikasi antara hudoq dengan warga. mulai dari warga menjelaskan bahwa proses menugal sudah selesai hingga harapan bahwa roh – roh hudoq membantu menjaga padi dari hama penyakit.

Ritual Adat Hudoq di Kampung Long Bagun Ulu diakhiri dengan menari dari malam hingga dini hari pada Ritual Kawit Terakhir dimana pada esok paginya dilakukan ritual adat Napoq di hilir kampung sebagi penutupan seluruh rangkaian Ritual Adat Hudoq (19/11/2108). Tujuan Ritual Napoq sendiri untuk menyampaikan kepada roh – roh hudoq bahwa barang – barang yang dipakai selama ritual dikembalikan lagi kepada mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.